Pengertian nama dan fungsi tool pada google sketchup,setelah kemarin saya posting tentang Tutorial dasar menggunakan goosle sketchup maka kali ini saya posting tentang nama dan fungsi masing-masing tool pada software ini,kolo-kolo copas dari blog sebelah tapi sangat bermanfaat sekali buat di abadikan dan menjadi dasar ilmu tentang google sketchup atau software desain 3d yang gratisan.Nah bagi Anda yang masih baru mau belajar dan mengenal tool-tool dasarnya software ini silahkan simak penjelasan dari beberapa tool dan fungsinya di bawah ini,
Fungsi Tool Google Sketchup :1. Select : Berfungsi untuk memilih atau memodifikasi objek/model ketika menggunakan alat-alat lain atau perintah.
2. Make Component : Berbeda dengan Group, Make Component digunakan untuk menggabungkan objek satukesatuan.
3. Paint Bucket : Digunakan untuk mewarnai atau menyisipkan material pada objek.
4. Eraser : Untuk menghapus gambar atau material.
5. Rectangle : Untuk menggambar objek berbentuk kotak.
6. Line : Untuk menggambar garis lurus.
7. Circle : Untuk menggambar objek berbentuk bulat.
8. Arc : Untuk menggambar setengah lingkaran.
9. Polygon : Untuk menggambar objek segi 4, 6, 8 dan seterusnya.
10. Freehand : Untuk menggambar bebas.
11. Move : Untuk memindahkan objek.
12. Push/Pull : Untuk mendorong atau mengubah objek menjadi 3 dimensi.
13. Rotate : Untuk memutar objek.
14. Follow Me : Untuk mendorong objek yang disesuaikan.
15.: Untuk mengubah ukuran besar kecil objek yang di skala kan.
16. Offset : Menduplikasi garis objek yang disesuaikan.
17. Tape Measure Tool : Digunakan untuk mengukur.
18. Dimension : Digunakan untuk memberi dimensi pada objek.
19. Protractor : Untuk Ukur sudut miring Konstruksi dan menciptakan entitas Line.
20. Text Tool : Untuk menyisipkan tulisan.
21. Axes : Memindahkan atau reorientasi sumbu menggambar.
22. 3D Text : Membuat teks 3 dimensi.
23. Orbit : Untuk memutar pandangan objek.
24. Pan : Memindahkan pandangan objek secara vertikal dan horizontal
26. Zoom Extents : Untuk memperbesar objek satu layar. 27. Previous : Undo preview
28. Next : Redo preview
29. Position kamera : Posisi kamera (pandangan Anda) pada ketinggian tertentu untuk memeriksa objek saling berhadapan atau berjalan melalui model.
30. Look Around : Pivot kamera (pandangan Anda) dari titik stasioner.
31. Walk : Berjalanlah melalui (tur) model.
32. Section Plane : Buat pemotongan bagian efek memungkinkan Anda
untuk melihat geometri dalam model.
sumber-aanmsa.blogspot.com