-->

Teknik photo panning dengan kamera handphone

Panning adalah teknik memotret dengan cara mengikuti object yang bergerak secara horisontal. Cara melakukan teknik panning ini adalah dengan menggerakkan kamera searah dengan gerakan object dan diharapkan agar object tersebut tetap focus dan background menjadi blur,seolah-olah object diam dan background yang bergerak.
teknik photography
img by budiuzie.wordpress.com

Untuk melakukan teknik photography panning dengan menggunakan kamera DSLR mungkin sudah biasa,tapi bagaimana kalau menggunakan kamera ponsel atau handphone?.Saya akan jawab"kita coba dulu pasti bisa",meskipun saya bukan seorang photografer seperti mas Bo8by.Kalau sebelumnya saya pernah membuat sebuah tutorial Teknik photography macro menggunakan kamera ponsel,kali ini saya akan mencoba teknik panning dengan ponsel.Saya suka berimaginasi dan suka neko-neko (aneh-aneh),jadi tidak ada salahnya jika kita coba teknik panning ini dengan kamera ponsel.Ponsel saya Samsung galaxy Ace jadul,jadi saya berharap buat yang punya ponsel bagus seperti kalian agar hasil jepretannya jauh lebih bagus dari ponsel saya.

Untuk caranya,kita bisa setting kamera dengan gerakan terlambat(SCN Night) jika object yang ingin kita foto bergerak lambat,tapi karena fitur kamera ponsel saya standart,tidak punya speed shutter maka tidak di setting pun tidak masalah.Untuk percobaan awal,foto tangan kita sendiri dengan menempatkannya di depan ponsel,jarak 40 centian,kemudian gerakkan ponsel dan tangan Anda yang akan difoto searah sambil tekan jepret."Jangan berhenti ketika proses pengambilan gambar belum selesai",misalnya seperti berikut.

Jika Anda rasa sudah dapat object yang kita bidik tersebut berhasil,kemudian coba hunting foto di pinggir jalan,atau dengan mengajak teman Anda sebagai object percobaan.Seperti yang saya lakukan pada foto percobaan saya di bawah.Tidak ada setting macam-macam seperti shutter speed pada DSLR karena tidak ada pada fitur kamera ponsel saya,hanya dibutuhkan kreatifitas dan kesabaran untuk bisa mendapatkan foto panning yang bagus.Mohon maaf,foto di bawah baru ketika saya mendapatkan ide ini,jadi hasilnya masih jauh dari bagus.Insyaallah kalau ada waktu untuk cari foto nanti akan saya ganti.Sekian semoga bermanfaat dan selamat berkarya.


teknik panning ponsel
teknik panning ponsel
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner