-->

Suara Burung Kardinal Kuning untuk Masteran

Burung kardinal kuning atau yellow cardinal (Gubernatrix cristata) ini adalah jenis burung pengicau berparuh tebal dan pendek dari keluarga Thraupidae. Meskipun memiliki nama Cardinal,tapi burung ini bukan sejenis dengan ketiga jenis burung cardinal seperti Northern cardinal,Pyrrhuloxia dan Vermilion cardinal dari keluarga Cardinalidae yang jadi icon nya game Angry Bird.

Spesies ini masih dalam penelitian yang entah akhirnya nanti akan di kelompokkan kemana. Sudah sering di masukkan ke dalam anggita American sparrow dalam keluarga Emberizidae,namun kajian terakhir burung ini lebih cocok dimasukkan dalam anggota tanagers yang menjadi satu-satunya spesies dalam genus Gubernatrix.
Suara burung kardinal kuning untuk masteran
Credit img http://www.fotonat.org/

Habitat asli burung ini dapat dijumpai di beberapa negara di kawasan benua Amerika,seperti Argentina, Brazil, Paraguay, dan Uruguay. Memiliki ukuran tubuh yang sama dengan northern cardinal (Cardinalis cardinalis),yaitu sekitar 20 cm. Berwarn kuning kehijauan dengan garis-garis warna hitam yang membuat tampilan burung ini lebih menarik  Ditambah lagi memiliki jambul yang mempesona membuat orang jatuh cinta mlihatnya.

Di Indonesia sudah ada burung ini,tapi sangat susah dicari mengingat jumlahnya yang sangat terbatas karena spesies ini sekarang sudah dikategorikan kedalam status terancam atau rawan punah,sama dengan Blue-throated macaw, yang termasuk dalam endangered species menurut IUCN Red List of Threatened Species.

Pantauan terakhir timkicau melihat spesies burung ini di salah satu importir burung hias Indonesia dibanderol dengan harga 8jt/1 ekor. Tidak tahu perkembangan sekarang,ada tapi sangat susah nyarinya. Suara kicau burung ini mantap dan enak di dengar. Bisa ngropel juga,silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
  1. Suara burung kardinal kuning v1
  2. Suara burung kardinal kuning v2
  3. Suara burung kardinal kuning v3
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner