-->

Cara membuat pen touch screen (pen stylus) sendiri

Cara membuat pen touch screen atau pen stylus sendiri dengan mudah. Melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari jaman ke jaman. Dulu handphone layar sentuh atau touch screen itu cara kerjanya identik menggunakan tekanan,baik itu menggunakan kuku jari maupun benda keras yang lain bisa untuk dimanfaatkan. Seiring perkembangannya waktu,saat ini gadget layar sentuh bisa dimainkan dengan tekanan perasaan setiap ujung jari.

Biar sobat semua tidak bosan melihat artikel blog ini yang membahas tentang dunia burung terus,mari kita bermain hal yang lain yang mungkin buat iseng menghilangkan kejenuhan yaitu membuat stylus pen sendiri
Cara membuat pen touch screen (pen stylus) sendiri

Teknologi ini sangat bagus dibandingkan teknologi layar sentuh sebelumnya,karena tampilan layar akan selalu terkunci jika tidak tersentuh kulit ketika di masukkan dalam saku celana.System kerja sentuhan layar handphone masa kini berdasarkan referensi berbagai media adalah menggunakan layar kapasitif. Layar ini bekerja dengan memanfaatkan listrik statis di tubuh kita. Sistem kapasitif memiliki sebuah lapisan pembungkus yang merupakan kunci dari cara kerjanya, yaitu pembungkus yang bersifat capasitive pada seluruh permukaannya.

Panel touchscreen ini dilengkapi dengan sebuah lapisan pembungkus berbahan indium tinoxide yang dapat meneruskan arus listrik secara kontiniu untuk kemudian ditujukan ke sensornya. Lapisan ini dapat memanfaatkan sifat capacitive dari tangan atau tubuh manusia, maka dari itu lapisan ini dipekerjakan sebagai sensor sentuhan dalam touchscreen jenis ini.

Ketika lapisan berada dalam status normal (tanpa ada sentuhan tangan), sensor akan mengingat sebuah nilai arus listrik yang dijadikan referensi. Ketika jari tangan Anda menyentuh permukaan lapisan ini, maka nilai referensi tersebut berubah karena ada arus-arus listrik yang berubah yang masuk ke sensor. Informasi dari kejadian ini yang berupa arus listrik akan diterima oleh sensor yang akan diteruskan ke sebuah controller. Proses kalkulasi posisi akan dimulai di sini.

Kalkulasi ini menggunakan posisi dari ke empat titik sudur pada panel touchscreen sebagai referensinya. Ketika hasil perhitungannya didapat, maka koordinat dan posisi dari sentuhan tadi dapat di ketahui dengan baik. Akhirnya informasi dari posisi tersebut akan diintegrasikan dengan program lain untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Sampai disini sudah paham?,jika belum seperti ini logikanya.Tubuh kita ini mengandung elektrik,jadi untuk membuat pen touch screen itu yang kita butuhkan hanya 2 yaitu bahan berupa pena (yang dipegang) dan bahan lunak yang bisa dilembabkan (kain,spon,kertas). Untuk lebih mudahnya lagi dalam pembuatan pen touch screen nya,gunakan pen yang sifatnya konduktor atau yang bisa mengantarkan arus (berbahan alumunium/besi) supaya lebih efisien. Sebagai contoh disini saya menggunakan bekas antena remote controll mainan atau antena radio dan sejenisnya seperti ini.
Cara membuat pen touch screen (pen stylus) sendiri

Kemudian pada ujung pennya masukkan kertas tisu atau spon atau kain.Kita butuh bahan yang lunak untuk ditempelkan pada ujung pena dengan tujuan untuk menghindari goresan yang mungkin bisa terjadi pada screen.

Cara membuat pen touch screen (pen stylus) sendiri
klik untuk memperbesar gambar
Karena bahan lunak yang saya sebutkan diatas sifatnya adalah tidak bisa menghantarkan arus dan tidak bisa menyalurkan daya elektrik,maka kita butuh sedikit air untuk membasahi kertas ataupun spon yang kita buat ini. Cukup di lembabkan saja,jangan terlalu basah.

Sekarang coba gunakan pen stylus buatan Anda sendiri,seperti ini.

Cara membuat pen touch screen (pen stylus) sendiri

Ini hanya untuk pengetahuan saja,hasilnya juga tidak maksimal.Kalau mau yang bagus belilah pen touch screen di toko hp terdekat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner