-->

Burung Cikarak telinga-putih

Burung Cikarak telinga-putih atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan white-eared myza maupun greater Sulawesi honeyeater (Myza sarasinorum) ini adalah spesies burung dari keluarga Meliphagidae yang dikelompokkan kedalam Genus: Myza. Sama seperti Burung Cikarak Sulawesi ,spesies burung ini juga merupakan spesies burung endemik Sulawesi yang keberadaannya dapat ditemukan di Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi Tengah.
Burung Cikarak telinga-putih
img-credited to http://orientalbirdimages.org/

Cikarak telinga-putih berukuran sekitar 20 cm. Bercak telinga gundul gelap, pucat; paruh agak panjang, melengkung ke bawah; bercak telinga ungu. Ras chionogenys : bercak-telinga putih. tubuh bagian atas bercoret hijau zaitun (bukan abu-abu), tubuh bagian bawah bercoret hitam lebih tebal. Ras pholidota : agak mirip sarasinorum, tetapi tubuh bagian bawahnya lebih abu-abu kecoklatan dengan coretan hitam lebih tebal.

Terdiri dari 3 sub-spesies, dengan daerah persebaran yang berbeda,yaitu:
  1. sarasinorum A. B. Meyer & Wiglesworth, 1895 – Sulawesi bagian utara.
  2. chionogenys Stresemann, 1931 – Sulawesi bagian tengah utara dan tengah selatan.
  3. pholidota Stresemann, 1932 – Sulawesi bagian tenggara.
Burung ini dapat diketemukan di Sulawesi secara umum,kecuali di Sulawesi selatan.Menghuni hutan dengan ketinggian 1700-2800 mdpl (tetapi di Sulawesi tengah-selatan tidak di bawah 2200 m dan di Sulawesi tenggara 2000 mdpl).Suara burung ini bisa didengar melalui link dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner