-->

Download Suara Burung African Citril

Burung African citril (Crithagra citrinelloides), atau yang juga dikenal dengan Abyssinian citril ini adalah jenis burung pengicau berukuran kecil yang merupakan spesies dari jenis burung pipit/emprit yang dalam bahasa glibalnya disebut finch. Habitat asli burung ini berada di kawasan Afrika,banyak dijumpai di Ethiopia , Eritrea sampai bagian barat Kenya.

Dulu spesies ini digolongkan menjadi satu genus dengan burung kenari atau serinus canaria yaitu dalam genus Serinus. Namun berdasarkan penelitian lebih lanjut yang dilakukan oleh para ahli melalui tes DNA dan ,ternyata spesies ini memiliki perbedaan dengan jenis burung kenari. Perbedaan ini lebih condong di kelompokkan dalam genus yang masih satu kelompok dengan burung blackthroated,sanger, brimstone dan juga mozambiq yang sudah banyak dijumpai di Indonesia.
Download suara burung African Citril

Burung ini memiliki ukuran yang kecil,yaitu sekitar 11–12 cm. Berwarna hijau kekuningan yang dikolaborasikan dengan warna hitam membentuk pola bergaris diseluruh bagian tubuhnya. Paruh putih gading dan berwajah hitam. Berdasarkan habitat dan wilayah perkembangbiakannya,burung ini dibedakan menjadi 5 Subspecies. Diantaranya adalah sebagai berikut,
  1. S. c. citrinelloides Rüppell, 1840 –Eritrea sampai bagian tengah dan selatan Ethiopia. 
  2. S. c. brittoni Traylor, 1970 – Sudan, Kenya. 
  3. S. c. frontalis Reichenow, 1904 –Congo,  Uganda, Tanzania dan Zambia. 
  4. S. c. kikuyensis (Neumann, 1905) – Kenya. 
  5. S. c. hypostictus (Reichenow, 1904) –Kenya, Zambia dan Malawi.
Suara kicau burung ini tidak panjang,biasanya dipelihara untuk disilangkan dengan burung kenari. Hasilnya akan menjadi burung kenari hybrid yang memiliki warna bulu yang cantik dan suara kicaunya mirip kenari. Berikut ini suara burung kenari hybrid silangan dengan African citril dan ad juga suara asli burung african citril yang bisa kalian dengarkan dibawah ini.
Sumber audio dari youtube dan macaulay library.Ada banyak sekali jenis burung pengicau dari keluarga finch. Saya akan update dan bisa kalian unduh secara gratis di blog Timkicau ini. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner