-->

Download Suara Burung Kancilan Kalimantan

Burung Kancilan kalimantan atau Bornean Whistler (Pachycephala hypoxantha) adalah salah satu spesies burung yang biasa disebut burung kancilan dalam bahasa Indonesianya,atau dalam klasifikasi ilmiahnya disebut  dalam keluarga Pachycephalidae. Burung ini dapat ditemukan di Indonesia dan Malaysia dalam lingkup kepulauan Borneo.
Download mp3 suara burung kancilan kalimantan
flickr

Burung ini berukuran sekitar (14 cm.), dan berbulu hijau-zaitun. Kekang hitam, tubuh bagian bawah dan penutup telinga kuning. Bagian dada dan tenggorokan burung betina berwarna lebih zaitun. Iris coklat, paruh hitam, kaki coklat-tua. Suara Kicauan yang terdengar nyaring, dengan nada sela berupa sentakan yang kuat,sama seperti nada lagu kicauan burung jenis kancilan yang lain.

Berdasarkan para peneliti,spesies ini diketahui hanya hidup di Pulau Kalimantan. Terdiri dari dua sub-spesies, dengan daerah persebaran yang berbeda:
  • hypoxantha (Sharpe, 1887): Pegunungan di utara dan tengah pulau Kalimantan (dari Gunungn Kinabalu ke selatan sampai Barisan pegunungan Mueller; juga Barisan Niut). 
  • sarawacensis (Chasen, 1935): Jajaran pegunungan Poi (Sarawak barat), di pulau Kalimantan bagian barat.
Burung kancilan kalimantan atau Bornean Whistler ini termasuk jenis burung penetap yang mudah dijumpai di hutan pegunungan pada rentang ketinggian antara 900 – 2600 mdpl. Sangat aktif bergerak di puncak-puncak pohon yang pendek, dan sering bergabung dengan kawanan berbagai jenis burung, terutama kawanan Poksay Makanan utamanya adalah serangga, sesekali memakan buah-buahan. Biasanya bergabung dalam kelompok kecil mengunjungi tajuk pohon untuk berburu serangga.

Suara kicaunya bisa Anda dengarkan melalui link di bawah ini.
Informasi tentang burung diatas dikutip dari berbagai media online,khususnya dari kutilang.org. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner