-->

Download suara burung pelatuk hitam

Burung pelatuk hitam atau black woodpecker (Dryocopus martius) adalah jenis burung pelatuk yang memiliki ukuran tubuh sangat besar,yaitu antara 45-55cm.Dinamakan black woodpecker karena sebagian besar bulu burung ini berwarna hitam agak mengkilap.Terdapat warna bulu merah menggaris di bagian atas kepalanya.Mata putih untuk burung yang sudah berusia dewasa,paruh putih gading dengan ujung berwarna hitam.

Burung pelatuk dikenal dengan burung yang memiliki paruh sangat kuat,karena mampu membuat lubang-lubang di batang pohon,entah itu dalam mencari makanan berupa ulat yang berada di dalam kayu maupun untuk membuat sarang.Selain itu,burung jenis ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk memanjat dari satu pohon ke pohon lainnya dibanding dengan bertengger seperti jenis burung pada umumnya.
Burung pelatuk hitam atau black woodpecker (Dryocopus martius)
credit image to adriandaveywildlifephotography.blogspot.com

Sifat dari burung woodpecker hampir sama dengan burung jenis parrot,yaitu selain memiliki paruh yang kuat mereka juga senang dalam memanjat.Burung pelatuk hitam ini memiliki habitat asli di kawasan Eropa dan  juga Asia,terdapat 2 sub spesies yang membedakan berdasarkan wilayah penyebarannya. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  • D. m. martius (Linnaeus, 1758) – Spesies ini tersebar di wilayah Eropa,seperti Spanyol, Perancis dan Scandinavia juga terdapat di Turkey dan Jepang serta di China, korea dan Iran.
  • D. m. khamensis (Buturlin, 1908) – Hanya terdapat di China khususnya di wilayah (Qinghai dan Tibet sampai ke Yunnan).
Suara burung pelatuk hitam ini memiliki beberapa vareasi suara yang kesemuanya berbeda. Ada suara panggilan,kicauan,terbang,ngriwik, nada bahaya,dan drummingnya yang mantap. Pada dasarnya semua burung pelatuk mempunyai suara yang hampir sama,mungkin karena faktor ukuran tubuh sehingga suaranya ada perbedaan. Sikahkan bagi yang membutuhkan mp3 suara burung pelatuk hitam atau sekedar hanya ingin mendengarnya saja bisa langsung buka link audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner