-->

Mantap Suara Kicau Burung Townsend's Solitaire

Burung Townsend's Solitaire (Myadestes townsendi) pasti masih sangat asing di dengar,ya karena soesies ini hanya dapat dijumpai di beberapa wilayah di Amerika. Saya menemukan nama dari burung ini sebenarnya tidak sengaja waktu mencari file audio mp3 suara burung di xeno-canto.org. Saya cukup tertarik setelah mendengarkan kicaunya yang keras dan mengalun indah penuh melody.
Mantap suara kicau burung Townsend's Solitaire
img credited to http://www.tringa.org/

Tidak begitu lengkap definisi yang saya dapatkan dari burung ini. Namun secara keseluruhan identifikasi yang ditulis di media online menyebutkan bahwa burung ini merupakan bagian dari  keluarga Punglor/Anis yang dalam klasufikasi ilmiahnya disebut Thrushes (Turdidae).

Terdapat 2 sub spesies yang tersebar di beberapa tempat seperti.
  • M. t. townsendi (Audubon, 1838) – Terdapat di Timur tengah dan selatan Alaska, di wilayah tenggara dan barat daya Kanada dan bagian selatan ke barat Amerika Serikat. 
  • M. t. calophonus R. T. Moore, (1937) – Terdapat di bagian Utara dan Tengah Meksiko.
Burung ini memiliki warna bulu dominan abu-abu,gelap di bagian atas tubuhnya dan terang dibagian bawah tubuhnya. Berukuran sekitar 20cm panjang dan body ramping,berparuh sedang dengan bagian mata terdapat lingkaran berwarna putih/kaca mata. Mirip dengan burung Mountain Bluebird betina dan sekilas hampir menyerupai Burung Northern Mockingbird yang memiliki kemampuan meniru sangat handal.

Makanan burung ini berupa serangga dan buah,khususnya buah berry. Perbedaan antara burung jantan dan betinanya sangat sulit di identifikasi karena keduanya memiliki warna bulu yang sama.
Suara kicaunya sangat bagus dengan suara andalan ngerol namun tidak begitu banyak vareasi lagu yang di nyanyikannya. Silahkan download dan dengarkan 2 audio suara burung Townsend's Solitaire dibawah ini:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner