-->

Suara Burung Brinji Kelabu

Download mp3 suara burung brinji kelabu. Brinji kelabu (Hemixos flavala) adalah spesies burung kicau dari keluarga Cucak-cucakan atau Pycnonotidae. Burung ini memiliki bulu dibagian tenggorokan dan bagian atas kepalanya yang bisa ditegakkan,sehingga terlihat seperti berjambul dan memiliki jenggot mirip dengan cucak jenggot maupun kapas tembak.
Suara burung brinji kelabu mp3

Brinji kelabu dewasa mempunyai ukuran tubuh yaitu sekitar 20 cm. Burung ini mempunyai jambul pendek, mahkota coklat- gelap. Tubuh bagian atas coklat dengan tenggorokan putih. Iris cokalt-kemerahan dengan warna paruh hitam; kaki hitam. Untuk burung dengan Ras Kalimantan, sayap dan penutup ekor bagian bawah berwarna hijau-kekuningan Ras Sumatera tidak memiliki warna hijau pada bulunya dan tunggingnya putih.

Burung ini hidup dalam kelompok kecil di lapisan tengah dan bawah pada hutan terbuka dan semak di kaki gunung pada rentang ketinggian antara 500-1000 mdpl di Sumatera dan sampai ketinggian 2400 mdpl di Kalimantan.

Wilayah penyebaran brinji kelabu mencakup daerah Himalaya, Cina barat daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Kalimantan.

Terdapat 5 sub-spesies dengan daerah persebaran:
  • flavala Blyth, 1845 Himalaya timur dari India utara ke tenggara Tibet, barat-laut Myanmar dan China selatan (Yunnan barat), serta timur-laut Bangladesh (Sylhet).
  • bourdellei Delacour, 1926 China selatan (Selatan Yunnan), Myanmar timur, Thailand timur-laut serta Laos bagian tengah dan utara.
  • remotus (Deignan, 1957) Laos selatan, Vietnam selatan (Selatan Annam) dan Kamboja tenggara.
  • hildebrandi Hume, 1874 Myanmar selatan dan Thailand barat.
  • davisoni Hume, 1877 Myanmar selatan (utara Tenasserim) dan barat-laut Thailand.
Suara Kicau aslinya keras dan serak,terdengar seperti nada “ trrrk ”, kemudian berselingan seperti tiupan rendah “ li-diit, di-diit ” dan “ to to to” serak rendah. Kadang juga terdengar seperti suara burung Kutilang dan Trocok/cucak crucuk. Untuk lebih jelasnya bisa langsung Anda dengarkan dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner