-->

Suara Burung Kutilang Emas

Burung kutilang emas atau Cucak kuning (Pycnonotus melanicterus) adalah nama sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Burung ini juga dikenal sebagai burung tempuruk kunyit dalam bahasa Melayu. Sedangkan dalam bahasa Inggris-nya disebut Black-crested Bulbul, merujuk pada jambulnya yang hitam.
download mp3 suara burung kutilang emas

Burung Kutilang emas atau Cucak kuning ini adalah jenis cucak-cucakan yang memiliki kepala hitam dan merah pada tenggorokan -kecuali subspesies yang terdapat di Kalimantan, (P.m. montis) yang berwarna kuning. Memiliki perbedaan dengan cucak kuricang, bulunya yang lebih panjang, perutnya yang berwarna kuning dan matanya berwarna putih. Sedangkan warna bulu cucak kuricang adalah kuning zaitun dan lebih sedikit.

Berukuran sedang, agak kecil dan ramping (18 cm). Sisi tubuh atas berwarna hijau zaitun, sisi bawah berwarna kuning. Kepala berwarna hitam kelam, dengan warna merah pada tenggorokan (kecuali ras Kalimantan yang berwarna kuning). Paruh dan kakinya hitam. Irisnya berwarna kemerahan atau putih.

Burung ini tersebar luas di India, Cina, hingga Indonesia. Ditemui dari 0-500 mdpl. Ditemukan di hutan hujan, perbukitan dan dataran rendah. Seperti jenis burung cucak-cucakan pada umumnya, makanan burung ini adalah buah-buahan dan serangga. Sering terlihat dalam kelompok kecil. Apabila marah, cucak kuning akan menegakkan jambulnya.

Spesies ini memiliki ras yang memiliki tenggorokan merah (dispar) yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Bali. Namun, ras Kalimantan yang bertenggorokan kuning, (montis) tersebar di Kalimantan.
Kicauannya indah dan nyaring, terdengar seperti "hii-tii-hii-tii-wiit" dengan nada terakhir turun dan "tee-tee- wheet-wheet", "whit-wheet-wit" dan campuran kombinasi antara kedua bunyi tersebut. Bisa juga berbunyi "whee- whee, whee-whee" dengan nada yang naik-turun. Suara burung ini sering dijadikan sebagai suara masteran untuk burung Murai Batu.

Silahkan download dan dengarkan audio mp3 suara burung kutilang emas dibawah ini:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner