-->

Suara Burung Mino Emas (Golden Myna)

Burung mino emas papua atau ada juga yang menyebutnya dengan nama jalak emas atau Golden Myna yang dalam bahasa Inggrisnya disebut juga dengan Golden-breasted Myna (Mino anais) ini merupakan jenis Burung yang termasuk dalam keluarga jalak-jalakan (Sturnidae) ini hanya bisa ditemukan di Papua, mulai dari Provinsi Papua dan Papua Barat, hingga negeri tetangga Papua Nugini dan beberapa pulau terdekatnya.Habitat aslinya berada di hutan tropis dan non-tropis di dataran rendah.
Suara Burung Mino Emas (Golden Myna)

Status burung ini sebenarnya masih Least Concern (LC), alias tidak terlalu mengkhawatirkan, berbeda dari beo nias yang statusnya terancam punah dan sudah ditetapkan sebagai burung yang harus dilindungi.Burung ini merupakan spesies burung penetap yang berada di seluruh Pulau Papua, kecuali daerah pesisir utara sebelah tenggara. Terdiri dari tiga ras, yaitu:
  • Mino anais anais (Lesson, 1839): Kepulauan di sebelah barat pulau Papua (Salawati) dan sebelah barat daerah Kepala Burung. Ciri pembeda: Mahkota hitam.
  • Mino anais orientalis (Schlegel, 1871): Tepi pantai sebelah utara Pulau Papua di timur sampai Semenanjung Huon. Ciri pembeda: Mahkota kuning dan tengkuk hitam.
  • Mino anais robertsoni (D’Albertis, 1877): Pulau Papua sebelah selatan di timur sampai Teluk Milne. Ciri pembeda: Mahkota dan tengkuk kuning.
Tempat hidup dan Kebiasaan Lebih sering terlihat berpasangan saat bertengger di batang mati pada areal bekas tebangan, terutama di hutan dataran rendah sampai ketinggian 600 m.Hanya memakan buah-buahan. Mencari makan berpasangan atau dalam kelompok kecil di tajuk pohon, kadang bergabung dengan Mino muka-kuning (Beo Papua). Musim berbiak dimulai dari akhir musim penghujan sampai musim kemarau.(dikutip dari kutilang.or.id)

Tipe perkawinannya monogami, mungkin berpasangan dalam jangka waktu yang lama. Bersarang di lubang-lubang pohon, 10-30 m diatas permukaan tanah. Suara burung ini bisa dikatakan kurang bagus untuk dinikmati suara kicaunya,kecuali jika Anda suka dengan suara burung keras. Silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Suara Burung Golden Myna
  1. Download Mp3
Suara Burung Jalak Emas
  1. Download Mp3
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner