-->

Suara Kicau Sikatan Belang Eropa

Burung sikatan belang eropa atau European pied flycatcher (Ficedula hypoleuca) adalah jenis burung pengicau atau passerine yang memiliki ukuran kecil. Burung ini merupakan spesies dari keluarga burung Old World flycatcher atau Muscicapidae,dan dipisahkan dalam Genus: Ficedula. Masih satu kerabat dekat dengan burung Sikatan belang atau litle pied flycatcher (Ficedula westermanni) yang ada di Indonesia.
Download suara kicau sikatan belang eropa
flickr.com

Berdasarkan data yang saya baca,burung sikatan belang eropa ini hanya berkembang biak di kawasan Eropa dan Asia bagian barat. Namun diwaktu-waktu tertentu,seperti terjadi musim dingin di habitat aslinya,burung ini akan melakukan migrasi ke wilayah Afrika bagian barat dan sebagian ke wilayah-wilayah Asia selatan.

Warna bulu burung ini juga hampir sama dengan burung sikatan belang yang ada di Indonesia. Hanya saja pada burung ini tidak memiliki warna putih di atas matanya atau yang menyerupai alis. Tubuh bagian atas hitam dengan sedikit warna putih dibagian sayap dan diatas paruh. Tubuh bagian bawah putih dari tenggorokon hingga bagian belakang atau tungirnya. Berukuran sekitar 12–13.5,berarti lebih besar dari sikatan belang yang ada di Indonesia dengan panjang tubuh sekitar 11cm.

Burung jantan dan betina sangat mudah dibedakan,seperti jenis burung dari keluarga muscicapidae lainnya. Burung jantan berwarna dominan hitam dan putih,sedangkan burung betina berwarna coklat kusam. Makanan burung ini berupa serangga kecil seperti ulat,larva serangga,belalang kecil dan berbagai jenis serangga kecil lainnya.

Suara kicaunya juga mantap,sama seperti burung sikatan/tledekan gunung yang memiliki suara khas dan suara mimikri. Burung ini juga memiliki suara khas namun juga bisa menirukan suara burung lain,dalam hal ini disebut Sub Song. Suara panggilan atau call nya juga bagus. Selebihnya bisa langsung kalian dengarkan audionya dibawah ini.

Suara burung sikatan belang eropa (suara khas)
Suara burung sikatan  belang eropa (sub song)
Suara burung sikatan belang eropa (call)
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania. Silahkan tinggalkan pesan jika ingin request suara burung berkicau dari jenis burung lokal maupun mancanegara.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner