-->

Antara Cucak Jenggot,Kapas Tembak dan Brinji Kelabu

Antara burung cucak jenggot,kapas tembak dan brinji kelabu. Ketiga jenis burung tersebut masih satu kerabat dalam burung Cucak-Cucakan atau merbah yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Pycnonotidae.Artikel ini saya tulis karena adanya pengalaman ke keliruan yang dialami oleh adik saya sendiri. Kemarin saya suruh beli kapas tembak tapi yang di dapat malah brinji kelabu. Dasarnya memang dia masih jauh pengalaman dibanding saya :D

Awal dia beli burung itu,kemudian ia dengarkan suara kicaunya (kebetulan saat ini saya sedang tidak serumah dengan adik saya). Setelah ia dengarkan,lalu ia pun protes kepada saya yang kata-katanya kurang lebih seperti ini "kok suaranya mirip kutilang". Saat itu saya agak tercengang mendengarkan laporannya,dalam hati saya bertanya "kok aneh". Ya karena selama ini saya belum pernah dengar suara burung kapas tembak yang seperti suara burung kutilang dan tidak mengeluarkan suara tembakan khasnya.

Karena saya penasaran,kemudian saya suruh dia untuk ngirim video melalui Whatsapp. Dari video yang ia kirim,posisi pengambilan videonya salah,dalam artian pengambilan videonya melawan cahaya,jadi yang terlihat hanya sangkar dan burung yang gelap.

Saya dengarkan betul-betul suaranya,karena memang gambar burung yang ia rekam tidak jelas. Saya perhatikan nada-nada atau kicauan burung yang ia beli tersebut yang katanya kapas tembak. Dari suara yang saya dengarkan tersebut, saya mulai curiga dan yakin itu bukan kapas tembak. Kemudian saya suruh dia untuk memotret burung yang ia beli tadi dengan jelas. Setelah saya lihat, ternyata memang betul,itu bukan kapas tembak, melainkan brinji kelabu.

Ya sudahlah,sudah terlanjur dibeli mau apa lagi. Mungkin yang jual juga tidak ngerti burung atau hanya niru penjual sebelumnya. Oh iya,di Magelang,burung brinji kelabu ini ada yang menyebutnya dengan kapas tembak sumatera. Karena tampilannya yang mirip cucak jenggot tapi warnanya kelabu. Menurut saya itu sebuah penyebutan yang kurang tepat dan hanya membingungkan penghobi burung khususnya pemula.

Suara burung brinji itu jelas beda dengan kapas tembak. Jika suara burung kapas tembak itu identik dengan suaranya yang mbeset-mbeset,hampir sama dengan cucak jenggot tapi lebih kasar. Sementara suara burung brinji asli di alam itu mirip dengan suara burung Trucukan dan Kutilang. Untuk lebih jelasnya silahkan dengarkan audionya DI SINI.

Perbedaan antara cucak jenggot,kapas tembak dan brinji kelabu itu sangat jelas,meskipun ketiganya memiliki jenggot dan jambul. Untuk pemula mungkin masih bingung jika tidak ada perbandingan yang ia lihat. Coba perhatikan gambar dibawah ini,
Antara cucak jenggot,kapas tembak dan brinji kelabu

Perbedaannya sebagai berikut.
Cucak Jenggot :
  • Bulu bawah paruh (jenggot)nya terlihat jelas 
  • Warna bulu di dominasi warna coklat agak tua dan berwarna putih 
  • Warna bulu pada dadanya cenderung coklat muda dan putih agak kekuning-kuningan. Namun semakin tua umur burung, warna kuningnya akan memudar. 
  • Mental burung saat dilapangan bagus 
  • Variasi lagu tergantung pemasteran
Kapas Tembak :
  • Warna bulu di dominasi warna coklat agak tua 
  • Bulu dibawah paruh (jenggot) kurang menonjol 
  • Bulu pada dadanya berwarna coklat sembur putih keabu- abuan atau putih kotor. 
  • Mental bagus dan mudah beradaptasi 
  • Jantan ataupun betina bisa dilombakan 
  • Suara lebih kasar dari cucak jenggot
Brinji kelabu:
  • Warna bulu tubuh bagian atas dominan kelabu
  • Bulu jambul atas datar,tidak seperti cucak jenggot,apalagi kapas tembak.
  • Suaranya identik dengan suara burung cucak ukuran kecil.
  • Burung ini bisa dimaster seperti kutilang.
Semoga Anda tidak salah pilih yang mau beli burung untuk masteran. Perhatikan saja gambar burung diatas sebagai pembanding. Memang ada juga jenis burung kapas tembak yang memiliki warna bulu kelabu mirip brinji kelabu. Tapi secara fisik jika dilihat di bagian kepalanya tetap mirip dengan kapas tembak,bukan yang lain.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner