-->

Burung Madu Ekor Merah

Burung-madu ekor-merah (Aethopyga temminckii) adalah spesies burung dari keluarga Nectariniidae, dari genus Aethopyga. Burung ini memiliki habitat di hutan sekunder, hutan terbuka, perbukitan, gunung. Habitatnya dapat dijumpai antara ketinggian 800-1.200 m dpl.

Burung-madu ekor-merah memiliki tubuh berukuran kecil (sekitar 13 cm).Burung jantan memiliki warna merah tua, tunggir kuning,ekor merah padam. Alis, sisi mahkota, tengkuk, dan penutup ekor bawah ungu metalik. Tubuh bagian bawah putih keabu-abuan.
Burung Madu Ekor Merah

Sedangkan pada Burung betina,ukuran tubuhnya lebih kecil dibanding dengan burung jantan. Perbedaan lain adalah tubuh bagian atas berwarna coklat-zaitun. Kepala abu-abu. Sapuan merah pada sayap dan ekor. Tubuh bagian bawah zaitun kekuningan. Iris coklat, paruh hitam, kaki hitam.

Sama seperti jenis burung madu pada umumnya,burung madu ekor merah ini juga pemakan nektar dan juga serangga kecil.Mencari makan pada rumpun-rumpun Benalu. Habitat alami burung ini hanya dapat dijumpai di Semenanjung Malaysia, Sumatra, Kalimantan, dan juga Jawa. Suara burung ini bisa kalian dengarkan pada artikel kami tentang Suara Burung Madu Ekor Merah.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner