-->

Burung Madu Gunung

Burung-madu gunung atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan White-flanked Sunbird (Aethopyga eximia) ini merupakan spesies burung dari keluarga Nectariniidae, yang tergabung dalam genus Aethopyga. Burung ini merupakan jenis burung pemakan nektar, serangga, laba-laba, ulat dan memiliki habitat di hutan primer, hutan sekunder, tepi hutan, semak di gunung-gunung. tersebar di atas ketinggian 1.200 m dpl.

Burung-madu gunung memiliki tubuh beukuran sedang (kisaran antara 13 cm). Pada Burung jantan dewasa,bagian mahkota dan garis tenggorokan yang sempit berwarna biru-ungu mengkilap. Tenggorokan dan dada atas merah. Punggung dan sayap zaitun. Tunggir kuning. Ekor panjang hijau kebiruan. Ada berkas bulu putih pada sisi tubuh.
Burung Madu Gunung

Sedangkan pada Burung betina,pada tubuh bagian atas berwarna zaitun suram. Tubuh bagian bawah hijau-zaitun tua. Sisi tubuh putih. Ekor lebih pendek. Iris coklat, paruh hitam dan kaki hitam.Klik link berikut Suara Burung Madu Gunung untuk mendengarkan suara kicaunya di Alam.

Burung ini umum  dijumpai sendirian, berpasangan, atau kelompok kecil. Tidak jauh di atas lantai hutan. Mendatangi tanaman yang berbunga. Burung ini membuat sarang berbentuk kantung, dari lumut dan bahan lain, menggatung cukup tinggi dari permukaan tanah. Telur berwarna krem, berbintik coklat, jumlah 1 butir.Habitat alami burung ini hanya terdapat di P Jawa
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner