-->

Burung Sikatan Bubik,Si Mungil Yang Riuh

Sikatan bubik atau Asian brown flycatcher (Muscicapa dauurica) adalah spesies burung dari keluarga Muscicapidae, dari genus Muscicapa. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga memiliki habitat di tepi hutan, hutan perbukitan, hutan terbuka, kebun.Sikatan bubik memiliki tubuh berukuran kecil (13 cm). Warna coklat keabu-abuan.Burung ini berkembang biak di Jepang, Siberia timur dan Himalaya,namun ketika musim dingin,burung ini akan bermigrasi sampai ke Indonesia.
Burung Sikatan Bubik,Si Mungil Yang Riuh

Terdapat 6 sub spesies dengan perbedaan masing-masing berdasarkan tempat hidupnya. Di Indonesia diketahui terdapat 3 sub spesies burung ini,diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Ras pengembara latirostris: Tubuh bagian atas coklat abu-abu. Tubuh bagian bawah keputihan. Sisi dada dan sisi tubuh abu-abu kecoklatan. Lingkar mata putih.
  • Ras Kalimantan umbrosa: lebih kecil. Lebih gelap, terutama pada kepala.
  • Ras pengembara williamsoni: lebih coklat. Tersapu warna karat pada tubuh atas. Sisi tubuh bercoret kuning tua. Lingkar mata kuning tua. Iris coklat, paruh hitam, pangkal rahang bawah kuning, kaki hitam.
Burung ini memiliki kebiasaan hidup sendirian atau dalam kelompok campuran, menangkap serangga dari tenggeran di atas pohon, menggeletarkan ekor dengan cara khas ketika kembali bertengger.

Burung kecil ini juga bisa berkicau cukup merdu dengan beberapa nada yang bervareasi. Silahkan dengarkan suara kicaunya melalui link download dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner