-->

Prenjak Coklat (ciblek tebu)

Perenjak coklat atau dalam bahasa teman-teman kicau mania tanah air disebut dengan ciblek tebu (Prinia polychroa) ini adalah spesies burung dari keluarga Cisticolidae, dari genus Prinia atau yang biasa disebut Ciblek di P Jawa. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil dan memiliki habitat di padang ilalang, semak yang tersebar sampai ketinggain 1.500 m dpl.
Prenjak Coklat (ciblek tebu)

Burung Perenjak coklat memiliki tubuh berukuran agak besar (15 cm),ekor panjang.Tubuh bagian atas coklat, sedikit bercoret atau berbintik. Ekor coklat dengan ujung putih kecil. Alis mata keputihan tidak mencolok. Tubuh bagian bawah kuning tua. Lebih putih pada kerongkongan. Dada abu-abu. Sisi tubuh dan paha coklat. Perbedaan dengan Perenjak padi: punggung lebih tua dan coretan lebih banyak. Iris coklat kemerahan, paruh atas coklat, paruh bawah pucat, kaki keputihan. Pemalu dan sulit dilihat, tinggal dalam kerimbunan.

Hidup berpasangan atau kelompok keluarga. Tidak seribut dan semencolok Perenjak Jawa. Sarang berbentuk kubah lonjong, dari rumput. Telur berwarna putih agak biru pucat, dengan cincin jingga pada dasarnya. Berbiak bulan Februari-September.

Suara burung ini memiliki beberapa vareasi lagu yang berbeda,terkadang mirip dengan suara Ciblek Pari,terkadang juga mirip dengan suara prenjak lumut dan kadang juga ngebren seperti ciblek gunung. Berikut bisa kalian dengarkan suara burung ciblek tebu atau prenjak coklat rekaman hutan dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner