-->

Suara Burung Srigunting Kerdil

Burung srigunting kerdil atau Pygmy Drongo (Mountain Drongo) Chaetorhynchus papuensis (A. B. Meyer, 1874 ) adalah jenis burung srigunting yang memiliki ukuran paling kecil diantara jenis burung srigunting yang lainnya. Burung ini berukuran sekitar (20 cm.).
Mp3 suara burung srigunting kerdil

Sama seperti kebanyakan jenis burung srigunting,warna bulu burung ini juga dominan hitam mengkilap kebiruan. Memiliki jambul pendek di tengkuk bagian atas dan terdapat bercak putih yang tersembunyi pada lipatan sayap. Burung muda berwarna lebih kusam. Berpostur mirip Pitohui hitam, bedanya Srigunting kerdil berwarna lebih kusam dan menghuni tempat yang lebih tinggi.Mirip K ehicap hitam, bedanya Kehicap hitam berpostur horisontal, berukuran jauh lebih kecil, dan warna paruhnya abu-abu.

Persebaran dan ras Seluruh Pegunungan di Pulau Papua. Tempat hidup dan Kebiasaan Burung penetap yang hanya menghuni hutan pegunungan bagian dalam Pulau Papua pada rentang ketinggian antara 600 – 1600m dan menjadi satu-satunya burung hitam yang mirip sikatan dengan postur tegak.

Suara “ Pik” atau “ peep” yang kuat dan meletup, dikeluarkan sekali atau dalam rangkaian nada yang cepat sampai tujuh kali. Siulan “ pi-yew” , yang semakin merendah. Juga kicauan yang keras, panjang, tercampur aduk, berirama campuran “ chips” , pekikan, siulan, dan getaran berirama. (ref =kutilang.or.id)

Silahkan download mp3 suara burung srigunting kerdil dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner