-->

Suara Burung Sikatan Besar

Download suara burung sikatan besar-Burung Sikatan besar atau dalam bahasa Inggrisnya disebut White-tailed Flycatcher (Cyornis concretus) ini merupakan jenis burung sikatan dari kelompok Muscicapidae dan merupakan spesies dari Genus: Cyornis. Masih satu kerabat dengan jenis burung tledekan yang banyak dijumpai di pasaran
Download suara burung sikatan besar
jonathanhornbuckle.webs.com

Burung ini berukuran sekitar 19 cm dengan kenampakan gelap. Tubuh bagian atas burung jantan berwarna biru-tua dengan warna hitam pada sisi-kepala dan bulu terbang. Bagian dada berwarna hitam bergradasi menjadi putih pada bagian tungging. Burung betina berwarna coklat dengan pita putih lebar pada tenggorokan, perut dan penutup ekor bagian bawah juga berwarna putih.

Tubuh bagian atas burung muda berwarna coklat dengan bintik-bintik merah-karat, sedang tubuh bagian bawahnya bersisik hitam. Iris mata berwarna coklat-tua, paruh hitam, kaki abu- abu tua. Persebaran dan ras Burung ini hidup sendirian, menghuni tumbuhan bawah di hutan perbukitan dan pegunungan pada rentang ketinggian antara 300 – 1300 m, meski kadang dapat dijumpai di dekat daerah pesisir.

Terdapat tiga ras dengan persebaran sebagai berikut:
  • cyaneus (Hume, 1877): ujung timur-laut India (Arunachal Pradesh timur, Assam selatan, Meghalaya timur, Mizoram), Myanmar bagian selatan dan barat-laut (Tenasserim), China bagian selatan (Yunnan selatan), Thailand bagian barat dan selatan, Laos bagian utara dan Vietnam bagian utara (Tonkin ke selatan sampai Annam bagia tengah).
  • concretus (Statius Muller, 1836): Semenanjung Malaysia dan Sumatra bagian barat. Ciri: Terdapat bercak putih mencolok pada bagian ekor yang sering terkembang.
  • everetti (Sharpe, 1890): Kalimantan. 
Secara umum untuk wilayah penyebarannya dapat ditemukan di Indonesia, Cina, India, Brunei, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.(ref:wikipedia)

Suara kicau burung sikatan besar ini juga lumayan bagus,namun tidak sebagus suara burung sikatan gunung/tledekan gunung. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.

Suara burung sikatan besar gacor
Suara burung sikatan besar asli di alam;
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner