-->

Suara Cucak Rotan

Download Suara Burung Cucak Rotan- Burung cucak rotan atau ada yang menyebutnya juga dengan nama cucak merah,cucak emas maupun ada yang menyamakan penyebutannya sebagai cucak rowo papua dengan spesies yang berbeda. Istilah Cucak sering digunakan oleh pecinta burung meskipun sebenarnya bukan dari keluarga burung cucak-cucakan. Seperti halnya dengan burung yang satu ini. Burung cucak rotan atau cucak rawa papua ini merupakan jenis burung dari keluarga besar Oriolidae dan spesies dari Genus: Pitohui. 

download suara cucak rotan
Berdasarkan catatan Guinness Book of World Record,burung jenis Pitohui ini adalah burung yang paling beracun di dunia. Kandungan racun pada jenis burung ini terdapat pada permukaan kulit dan bulu. Racun yang terkandung dalam burung tersebut termasuk dalam kategori neurotoxin (racun yang menyerang jaringan otak) yang disebut homobatrachotoxin. Untuk sebagian besar burung yang menyentuh racun ini bisa menyebabkan mati rasa dan kesemutan, bersin, dan gejala minor lainnya. Efek serius seperti kelumpuhan dan kematian akan terjadi jika sering terjadi kontak dengan racun ini.

Meskipun beracun dan dianggap aman dari perburuan,tapi pada kenyataannya jenis burung ini juga diperdagangkan. Bagi penghobi burung unik dan langka pasti sudah tahu,dan bagi yang belum tahu,kalian bisa membelinya dengan harga diatas 700 rb. Namun sebelum kalian beli,sebaiknya diperhatikan dulu aslinya burung ini. Biasanya yang sudah bunyi,burung ini sudah di sterilkan oleh pemiliknya,namun untuk cara sterilisasinya saya sendiri kurang tahu apakah aman selamanya atau hanya sesaat saja.

Burung beracun jenis pitohui ini terdiri atas enam spesies, yang merupakan burung endemik di Tanah Papua, baik di Provinsi Papua dan Papua Barat (Indonesia) maupun Papua Nugini. Sebagian spesies juga ditemukan di Kepulauan Aru. Berikut ini enam spesies burung pitohui :
  1. Variable pitohui (Pitohui kirhocephalus) 
  2. Hooded pitohui (Pitohui dichrous) 
  3. White-bellied pitohui (Pitohui incertus) 
  4. Crested pitohui (Pitohui cristatus) 
  5. Black pitohui (Pitohui nigrescens) 
Semua jenis pitohui diatas adalah beracun,yang pertama kali diidentifikasi sebagai burung beracun adalah hooded pitohui, diikuti variable pitohui dan rusty pitohui. Memang untuk warna bulunya,jenis burung ini memiliki warna bulu yang cantik,terlebih lagi untuk Hooded Pitohui. Suara kicaunya juga bagus,disebut cucak rowo papua karena kemampuan berkicau burung ini ngropel seperti cucak rawa.

Yang banyak beredar atau diperdagangkan di pulau jawa adalah jenis variable pitohui,ada 3 jenis atau sub spesies dari burung variable pitohui yang memiliki ciri khas masing-masing. Diantaranya adalah:
  1. Northern variable pitohui (P. kirhocephalus)
  2. Southern variable pitohui (P. uropygialis) 
  3. Raja Ampat pitohui (P. cerviniventris).
Dari ketiga jenis variable pitohui tersebut masih terdapat lagi sub spesiesnya berdasarkan warna bulunya.Untuk suara kicaunya silahkan download dan dengarkan ketiga audio yang merupakan hasil konversi dari video yang ada di youtube.
Download Suara Cucak Rotan
Download Suara Cucak Rawa Papua 
Download Suara Cucak Rotan v 2
Download Mp3 Suara Burung Cucak Rotan
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner