-->

Bird of paradise (Burung-Burung Surga)

Bird of paradise atau burung surga-Burung-burung dengan warna bulu yang indah mempesona.Jika kita mendengar kata The bird of paradise, pasti kita langsung terfikir dengan -burung Cenderawasih dari Indonesia bagian timur yaitu Papua. Ada banyak jenis burung-burung cenderawasih, namun sebelum menuju lebih jauh, silahkan baca petikan deskripsi dibawah ini tentang burung cenderawasih.

Burung cendrawasih ini dapat kita temukan di bagian timur Indonesia, Papua Nugini, dan Australia. Burung ini terdiri dari 14 genus dan 43 spesies ,untuk lebih jelasnya silahkan baca di wikipedia tentang The bird of paradise. Sekitar 30 spesiesnya dapat ditemukan di Indonesia. Nama dari famili burung ini adalah Paradisaeidae yang diambil namanya dari kata paradise yang berarti surga.

Oleh masyarakat Papua, burung cendrawasih ini dipercaya sebagai titisan dewi dari surga. Dulunya burung ini dianggap sebagai burung cantik tidak berkaki.Mereka tidak akan turun ke tanah karena lantaran bulu-bulunya yang indah. Karena itulah burung ini dikenal sebagai the bird of paradise.
Beberapa jenis burung cenderawasih bisa Anda lihat dibawah ini.

1-Pertama dari burung genus Paradisaea atau cenderawasih.
Di genus ini terdiri dari 7 species dan 6 diantaranya mempunyai warna yang mirip,perbedaan ada di warna bulu ekor dan punggung yang paling terlihat.Seperti contoh gambar-gambar dibawah.

1. Raggiana bird of paradise (Paradisaea Raggiana)

 burung surga
2. Lesser bird of paradise (Paradisaea minor)
 bird of paradise burung surga

3. Greater bird-of- paradise (Paradisaea apoda)
4. Goldie's bird-of- paradise (Paradisaea decora)
5. Emperor bird- of-paradise (Paradisaea guilielmi )
6. Red bird of paradise (Paradisaea rubra)
7. Blue bird of paradise (Paradisaea rudolphi)
 bird of paradise burung surga

Maaf saya ringkas gambarnya biar tidak terlalu banyak gambar.
2-Yang kedua bird of paradise dari genus Parotia.
Ada 6 species di genus ini,diantaranya adalah Western parotia (Parotia sefilata) Queen Carola's parotia (Parotia carolae ),Bronze parotia (Parotia berlepschi),Lawes's parotia (Parotia lawesii), Eastern parotia (Parotia helenae), Wahnes's parotia (Parotia wahnesi )
- Lawes’s Parotia (Parotia Lawesii)
 bird of paradise burung surga

3-Yang ketiga dari genus Cicinnurus .
Ada 3 species di golongan ini yaitu King bird-of-paradise ( Cicinnurus regius) ,Magnificent bird-of-paradise ( Cicinnurus magnificus ), Wilson's bird-of-paradise (Cicinnurus respublica )
Wilson’s Bird of Paradise (Cicinnurus respublica)
 bird of paradise burung surga

King bird-of-paradise ( Cicinnurus regius)
 bird of paradise

4-Yang ke empat dari genus Ptilorisada
4 species dalam genus ini,diantaranya adalah Magnificent riflebird (Ptiloris magnificus), Growling riflebird (Ptiloris intercedens ),Paradise riflebird(Ptiloris paradiseus), Victoria's riflebird , (Ptiloris victoriae )
Riflebird Paradise (Ptiloris paradiseus)
 bird of paradise
5-Yang kelima dari genus Seleucidis,di genus ini hanya ada satu species burung yaitu twelve-wired bird-of-paradise ( Seleucidis melanoleucus) .
 bird of paradise

6-Yang ke enam bird of paradise dari genus Astrapia.
Di genus ini terbagi menjadi 6 species yaitu Arfak astrapia (Astrapia nigra), Splendid astrapia (Astrapia splendidissima), Ribbon-tailed astrapia (Astrapia mayeri), Princess Stephanie's astrapia (Astrapia stephaniae), Huon astrapia (Astrapia rothschildi ) Astrapia Ribbon-tailed (Astrapia mayeri)
 bird of paradise

Mohon koreksinya barang kali ada yang tertukar antara nama dan gambarnya.Masih banyak jenis Bird of paradise yang lain.Bisa Anda baca di wikipedia tentang Bird of Paradise.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner