-->

Burung Paok Pancawarna

Paok pancawarna adalah spesies burung dari keluarga Pittidae yang dikelompokkan kedalam genus Pitta. Dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Javan banded pitta yang memiliki nama latin Hydrornis guajana.Burung ini merupakan jenis burung pemakan semut, kecoa, kumbang, siput, cacing, rayap, ula yang memiliki habitat di hutan primer, hutan sekunder tertutup, tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl.

Paok pancawarna memiliki tubuh berukuran sedang (22 cm). Tubuh gemuk, berwarna keemasan bergaris-garis. Bagian kepala berwarna hitam dengan alis kuning mencolok dan khas. Punggung dan sayap coklat dengan garis sayap putih. Ekor biru,dagu putih. Burung paok pancawarna Ras Jawa memiliki ciri khas dibagian dada dan sisi lambung yang bergaris-garis hitam dan kuning.
Paok pancawarna adalah spesies burung dari keluarga Pittidae yang dikelompokkan kedalam genus Pitta. Dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Javan banded pitta yang memiliki nama latin Hydrornis guajana.

Untuk membedakan jenis kelamin antara burung jantan dan betina dapat dilihat dari warna bulunya,terutama untuk burung yang sudah dewasa.Pada burung jantan terdapat garis biru pada dada bagian atas,sedangkan untuk burung betina berwarna lebih suram dan lebih merah. Iris coklat, paruh dan kaki hitam.

Burung ini memiliki sifat pemalu dan jarang menampakkan dirinya, kadang terlihat melintas jalan di hutan, namun lebih sering terdengar suaranya. Berlompatan cepat di sepanjang lantai hutan atau batang mati. Kadang di semak rendah, pohon salak atau rotan. Sarang berbentuk bola berongga dari vegetasi pada semak, satu meter diatas permukaan tanah. Telur berwarna keputih-putihan, jumlah 3-5 butir sekali berkembangbiak.

Penyebaran burung ini terdapat di Semenanjung Malaysia, Sunda Besar. Di Indonesia dapat dijumpai di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner