-->

Download mp3 Suara Burung Perkutut

Download mp3 suara burung perkutut- Di Indonesia, burung perkutut sangat terkenal sekali khususnya pada jaman dulu sebelum pamor burung berkicau setenar saat ini. Memelihara burung berkutut merupakan suatu gengsi tersendiri yang menandakan seorang yang mempunyai kekayaan atau orang terpandang di masa dahulu. Sekarang pecinta burung perkutut sudah berkurang dan bahkan cenderung hanya di minati oleh orang tua saja.
Download mp3 suara burung perkutut
Di dunia ini ada banyak sekali jenis burung perkutut yang tersebar di berbagai negara dan mempunyai ciri khas masing-masing. Burung perkutut dalam bahasa inggrisnya disebut dengan zebra dove yang merupakan species dari genus Geopelia dan dari Family Columbidae yang masih sekerabat dengan burung tekukur,merpati dan juga burung punai. Di Indonesia sendiri biasanya para penghobi perkutut membedakan jenis perkutut sesuai daerah asal perkutut, misal saja perkutut Jawa, perkutut Sumatra, perkutut Nusa Tenggara, dan perkutut Bali.

Khusus untuk yang ada di Jawa, perkutut masih dibeda-bedakan lagi sesuai asal daerah (daerah yang dikenal sebagai penghasil burung perkutut yang berkualitas) misalnya saja, perkutut Mataram, perkutut Pajajaran, perkutut Madura, dan perkutut Tuban.

Pada jaman dulu,burung perkutut di pulau Jawa banyak sekali dijumpai didaerah yang bersemak terbuka yang telah kering dan dipiggiran hutan dekat pemukiman penduduk. Tidak hanya itu, dulu burung perkutut sering juga dijumpai sedang mencari makan dipersawahan atau di ladang penduduk. Tapi itu dulu, saat masih banyak kita jumpai hutan-hutan dan sawah yang ijo royo-royo, sekarang hanya didaerah tertentu yang masih cukup alami saja, daerah-daerah pedesaan yang penduduknya masih belum padat.Pada umumnya, burung perkutut hidup dan juga mencari makanan secara berpasangan, atau didalam kelompok-kelompok kecil.

Burung perkutut adalah jenis burung yang lebih suka mencari makanan diatas permukaan tanah dari pada di pepohonan. Tak jarang juga ditemui sekelompok burung perkutut yang sedang minum disumber air. Burung ini cukup jinak, terbukti dengan tak mudah terganggu oleh kehadiran manusia. Oleh karena itu jika sobat tak sengaja menemukan burung ini sedang mencari makan atau minum, sobat bisa mendekat beberapa meter untuk melihat lebih jelas. Akan tetapi bila burung ini merasa kehadiran kita adalah suatu ancaman, maka dengan cepat burung ini akan terbang menghindar dan hinggap atau bertengger dipepohonan yang tidak terlalu jauh dengan tempat dimana dia mencari makan.

Berdasarkan Buku Kawruh Peksi Berkutut ditulis tangan dengan huruf Jawa oleh R.W Padmodiprodjo pada zaman Belanda, dr. Soemoro membagi suara burung perkutut menjadi 3 bagian. Yaitu suara depan (pengajeng/angkatan), suara tengah (penengah/pukulan) , dan suara ujung (dawah/pembuang). Ketiga bagian suara ini kalau dieja secara sederhana berbunyi : “Hur- kete – kuk”.

Dari ketiga bagian suara ini, suara tengah (“kete”) boleh tidak ada atau tidak terdengar. Tapi suara depan dan suara ujung belakang mutlak harus ada. Karena tak ada burung perkutut yang berbunyi :” Hur – kete” atau “Kete – kuk” saja. Sedang perkutut yang berbunyi :”Hur – kuk” banyak ditemukan, misalnya perkutut bangkok.

Jumlah suku kata pada suara perkutut disebut tanduk atau wirama. Suara yang hanya terdengar “hur – kuk” saja disebut suara tanduk 2 atau wirama 2, yang terdengar “Hur – te – kuk” disebut tanduk 3 atau wirama 3, sedang yang terdengar “Hur – kete – kuk” disebut tanduk 4 atau wirama 4. Kalau jumlah suku katanya lebih dari 4, istilahnya adalah nutuk. Burung perkutut yang bunyinya “Hur – ketete – kuk” disebut bersuarau nutuk 5, ketek rangkep . Kalau bunyinya “Hur – kete – kuk kuk” istilahnya adalah nutuk 5, susun.

Silahkan bagi yang ingin mengunduh/mendownload mp3 suara burung perkutut bisa dipilih melalui link download di bawah ini,sebelum mendownload bisa kalian dengarkan terlebih dahulu jika menggunakan komputer/laptop.
  1. Download mp3 suara burung perkutut V1
  2. Download mp3 suara burung perkutut V2
  3. Download mp3 suara burung perkutut V3
  4. Download mp3 suara burung perkutut V4
Dikutip dari berbagai sumber,jika ada kesalahan deskripsi tentang burung perkutut diatas,saya minta maaf,semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner