-->

Download suara burung Cekakak belukar

Burung Cekakak Belukar atau dalam bahasa Inggrisnya disebut white-throated kingfisher (Halcyon smyrnensis) atau yang juga dikenal sebagai white- breasted kingfisher maupum Smyrna kingfisher ini adalah jenis burung raja-udang dari suku Alcedinidae (beberapa penulis memasukkan -nya ke dalam suku baru, Halcyonidae).

Burung cekakak belukar berukuran sedang, panjang tubuh total (jika diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 27 cm. Berwarna coklat dan biru, dengan dagu, kerongkongan dan dada berwarna putih. Kepala, leher dan perut hingga pantat berwarna coklat merah. Bagian sayap, mantel dan ekor biru menyala. Penutup sayap bagian atas dan ujung sayap coklat gelap atau kehitaman. Ketika terbang, sisi bawah sayap nampak biru dengan bulatan putih besar di tengahnya. Iris mata coklat, paruh dan kaki merah.
Download suara burung Cekakak belukar
img by burneysbirdblog.wordpress.com

Dari segi penampilan dan perilaku, sepintas burung ini mirip kerabatnya yaitu Cekakak Jawa (Halcyon cyanoventris) yang menyebar terbatas di Jawa dan Bali. Burung ini menyebar luas mulai dari Timur Tengah, India , Tiongkok, Asia Tenggara, Semenanjung Malaya, Filipina, Kep. Andaman, dan juga Sumatra. Burung migran kadang-kadang sampai ke Jawa Barat.

Di Sumatra terutama menghuni lahan-lahan terbuka, wilayah pertanian dekat sungai atau badan air lainnya, termasuk dekat pantai . Burung ini lincah memburu aneka mangsanya: serangga besar, kodok, kadal, ular, hewan pengerat, dan bahkan juga burung-burung migran kecil yang kelelahan. Kerap terlihat bertengger di dahan kering, tonggak, kawat listrik dan lain-lain tenggeran terbuka.Bersarang di lubang pada tebing tanah atau batang pohon.

Suara burung ini cukup ribut sambil terbang,terdengar seperti kata cikikikikikikikikiii... , atau memanggil sedih dari tenggerannya: ciririririririiii.. Maupun kek,kek,kek,kek berulang-ulang, nada di ujung menurun. Mirip dengan suara burung Cekakak Sungai.

Silahkan bagi yang mau menambah koleksi mp3 suara burungnya bisa langsung dibuka link audionya dibawah ini,mungkin bisa kalian manfaatkan sebagai audio masteran burung cendet,kacer,cucak hijau dan burung kicau lainnya.
  1. Suara burung cekakak belukar
  2. Suara burung cekakak belukar
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner