-->

Download Suara Burung Jenis-Jenis Punglor/anis

Download mp3 aneka suara burung punglor.
1.Anis Cendana
anis cendana mp3

Sejauh ini,ada dua subspesies atau ras anis cendana, dengan wilayah persebaran yang berbeda pula, yaitu :
Zoothera peronii peronii : habitat di Pulau Roti dan Timor Barat,NTT.
Zoothera peronii audacis : habitat di Pulau Wetar,Romang,Damar,dan Babar (Provinsi NTT),dan Timor Timur (Timor Leste). Anis cendana ras audacis memiliki warna bulu yang lebih terang (cenderung kemerahan), sedangkan ras peronii mempunyai warna bulu lebih kusam, atau cenderung kecokelatan.
2.Anis Macan
anis macan mp3


Burung ini disebut dengan nama anis macan,memiliki nama ilmiah Zoothera dohertyi. Selain itu burung ini juga disebut anis sisik.Sedangkan di dunia barat,orang menyebut burung ini dengan nama scally thrush .Warna bulunya yang dominan cokelat serta memiliki sisik pada tubuhnya.Tubuh bagian atasnya berwarna cokelat,bagian bawahnya putih dengan hitam serta sisik berwarna kuning pada bagian tepi bulunya.Iris berwarna cokelat,paruhnya cokelat gelap.Sedangkan kakinya berwarna merah jambu.Burung ini menyebar di Eropa,India,China,Philipina,Asia Tenggara terutama di Nusa Tenggara,Sumba, Timor,Papua Nugini hingga ke Australia.
3.Anis Kembang
Download mp3 suara burung jenis punglor/anis

Anis kembang tersebar di daerah Nusa Tenggara,Sunda Besar,Malaysia dan Filipina.Jumlahnya di alam pada daerah-daerah tersebut sudah menyusut.Menurut catatan BirdLife Indonesia,anis kembang masih mudah dijumpai di daerah Flores dan Kalimantan.Di Indonesia,ada 12 jenis anis yang dapat ditemui di alam. Angka tadi sudah termasuk anis kembang ini.Di wilayah Nusa Tenggara, perburuan anis kembang sudah dimulai dari awal 1995.Saat Pulau Sumbawa telah kehabisan ”stok”,para pemburu itu melebarkan sayap ke Flores.Anis kembang hidup pada hutan primer,hutan sekunder yang tinggi dan hutan yang rusak dan lahan yang pohonnya banyak,juga petak-petak hutan yang terisolasi.

Burung ini ditemukan pada ketinggian,200-1300 m (Lombok), 200-1000 m (Sumbawa).Sedang di Flores dijumpai pada dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1000 m.Selain itu,BirdLife Indonesia juga mencatat sebaran burung ini di Sumba dan Timor. Pastinya,anis kembang merupakan burung yang sebaran berbiaknya terbatas hanya di Nusa Tenggara saja.
4.Anis Merah
burung anis merah


Anis Merah tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia,tetapi juga di banyak negara lain,seperti Bangladesh,Bhutan,Cambodia, China,India, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal,Pakistan, SriLanka, Thailand,dan Vietnam. Jumlah Anis Merah di seluruh tempat hidupnya diperkirakan tidak mengalami penurunan lebih dari 30% dalam 10 tahun terakhir, sehingga salah satu lembaga pelestari burung internasional (Birdlife international) masih merekomendasikan burung ini dicatat dengan status belum terancam punah (Least Concern) pada daftar burung-burung terancam punah di seluruh dunia (IUCN Red List) tahun 2008.

Meski demikian,jumlah Anis Merah di Jawa diperkirakan telah menurun dengan sangat tajam akibat maraknya penjaringan burung untuk dijual sebagai burung peliharaan ( http://www.reference.com/ browse/all/Orange-headed ). Sementara itu di seluruh daratan asia tenggara jumlahnya dikhawatirkan akan terus menurun akibat semakin sedikitnya daerah berpohon
5-Song Thrush

download suara burung song thrush
img credite by Daylimail
Burung song thrush dari family Turdidae dan dari genus Turdus dengan nama ilmiah ( Turdus philomelos ) memiliki suara kicau merdu dan bervareasi, karena burung ini termasuk jenis burung mimikri yang suka menirukan suara burung lain.Jika dilihat secara fisik, burung song thrush ini memang biasa- biasa saja, dengan warna coklat dan putih berbintik di bagian dada hingga ke belakang di bagian bawah tubuhnya. Burung Thrush yang banyak ditemukan di beberapa wilayah Eropa ini tidak secantik warna burung- burung thrush (anis) yang ada di Indonesia seperti burung anis kembang,anis macan, anis merah dan juga anis ampenan. Tapi vareasi kicau burung ini sangat banyak, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan suara burung nightingale.
6-Anis Sulawesi
Suara kicau burung anis sulawesi yang mantab
Anis sulawesi (Cataponera turdoides ) adalah spesies burung kicau yang tergolong dalam kelompok burung jenis Punglor atau anis yang dalam klasifikasi ilmiahnya disebut kelompok burung Thrush dari famili Turdidae.Burung ini endemik di Indonesia dan hanya di temukan di hutan dataran tinggi Pulau Sulawesi di atas ketinggian 1100 meter dari permukaan laut.

Burung Anis Sulawesi atau Sulawesi Thrush berukuran sedang. Panjang tubuhnya berkisar antara 20-25 cm. Bulu tubuhnya secara umum terlihat berwarna coklat. Mahkota berwarna coklat tua dengan garis berwarna hitam di atas mata. Paruh dan lingkaran mata berwarna orange (merah kekuningan),termasuk kulit kaki yang juga berwarna orange.
7-Spot winged thrush
Nyanyian merdu burung spot winged thrush
Burung spot-winged thrush (Geokichla spiloptera), adalah jenis burung Punglor/anis yang termasuk dalam kelompok Asian thrush atau punglor asia,dalam klasifikasinya dikelompokkan kedalam family Turdidae dan merupakan species dari genus Geokichla.

Karena burung ini bukan berasal dari Indonesia,jadi penjelasan namanya disini tetap menggunakan nama dalam bahasa internasionalnya Spot-winged thrush. Jika dilihat dari nama ilmiahnya,burung ini masih satu genus dengan burung Anis Macan (chestnut backed thrush) yang merupakan salah satu species burung Anis yang ada di Indonesia.
8-Anis Dada Orange
Burung Anis dada orange
Burung Anis dada orange atau orange ground-thrush (Geokichla gurneyi) adalah salah satu jenis burung Anis atau Punglor yang dalam klasifikasi ilmiahnya disebut Turdidae. Burung ini masih satu kerabat dengan burung Anis Merah yang banyak dijumpai di Indonesia. Keduanya sama-sama dari Genus: Geokichla.
File mp3 telah kami perbaharui 90% lebih bagus dari file yang kami pasang sebelumnya,insyaallah kami akan pantau terus dan akan update jika terjadi error dan mohon koreksinya dan silahkan masukkan kritik dan sarannya melalui kolom komentar masing-masing artikel yang membahas tentang mp3 suara burung,Masih banyak jenis burung Anis atau Punglor yang belum disebutkan diatas,silahkan cari di blog ini atau klik saja label Burung Punglor.semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner