-->

Kicau Merdu Burung Murai Batu Arung

Burung murai batu arung atau ada yang menyebut Burung Tarum adalah spesies burung berkicau berukuran sedang yang merupakan bagian dari kelompok burung Muscicapidae. Dulu species burung ini dimasukkan dalam family Turdidae atau satu keluarga dengan burung Anis,tapi berdasarkan para ahli kemudian kelompok burung ini dimasukkan dalam kelompok Muscicapidae. Burung ini merupakan species dari Genus: Monticola.
burung murai batu arung
credit image by digiborg.wordpress.com

Dalam bahasa Internasionalnya disebut sebagai Blue rock thrush (Monticola solitarius) . Wilayah persebaran burung ini sangat luas, mulai dari selatan Eropa, Africa ,dan Asia. Berukuran sedang antara 21–23 cm dengan warna biru keabu-abuan untuk burung jantan,dan betina berwarna biru kecoklatan. Makanan burung ini adalah serangga dan buah-buahan.

Burung ini memiliki enam subspesies atau ras, dengan wilayah persebaran dan area migrasi yang berbeda, diantaranya  adalah sebagai berikut:

  • Monticola solitarius solitarius: habitat di wilayah baratlaut Afrika, wilayah selatan Eropa, wilayah utaraTurki dan Transkaukasia. Pada musim dingin, mereka bermigrasi ke wilayah utara Afrika utara Jazirah Arab.
  • Monticola solitarius longirostris: habitat di Yunani, wilayah barat dan selatan Turki, Levant, Tien Shan, hingga wilayah baratlaut Himalaya. Saat musim dingin tiba, mereka bermigrasi ke wilayah utara India dan timurlaut Afrika.
  • Monticola solitarius pandoo: habitat di wilayah tengah Himalaya, wilayah timur dan tengah China, dan wilayah utara Vietnam. Di musim dingin, mereka bermigrasi ke Asia Selatan dan Asia Tenggara, termasuk Sunda Besar (Sumatera, Kalimantan, Jawa).
  • Monticola solitarius philippensis: habitat di wilayah timur Mongolia, timurlaut China, Korea, Jepang, dan wilayah utara Filipina (Pulau Batanes). Mereka sering bermigrasi ke wilayah tenggara China, Filipina, dan Indonesia.
  • Monticola solitarius madoci: habitat di wilayah selatan Thailand, Semenanjung Malaysia, dan wilayah utara Sumatera.

Berdasarkan referensi yang saya baca dari omkica.com, di Indonesia, burung ini hanya dijumpai di wilayah utara Sumatera, itupun hanya ras madoci. Namun dari ras lainnya sering bermigrasi ke wilayah Indonesia pada musim dingin, antara lain di Kepulauan Natuna, wilayah utara Kalimantan dan Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Suara burung murai batu arung ini juga bagus dan merdu,silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini.
Sekian semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner