-->

Srigunting Kelabu mp3

Burung Srigunting kelabu atau kalau di jawa ada yang menyebutnya sebagai Burung awon-awon ini merupakan salah satu bagian dari jenis burung srigunting. Dalam bahasa Inggris, burung ini dikenal sebagai Ashy Drongo (Dicrurus leucophaeus) yang merupakan spesies burung dari keluarga Dicruridae , dari genus Dicrurus.
Srigunting kelabu mp3
img by Dave Williams

Ciri-ciri Srigunting kelabu memiliki tubuh berukuran sedang (29 cm). Tubuh warna abu-abu. Ekor panjang menggarpu dalam. Ras bervariasi dalam kepucatan warna. Ras Kalimantan stigmatops mempunyai bercak keputihan di sekitar mata. Iris merah, paruh hitam abu-abu, kaki hitam. Hidup berpasangan, hinggap pada cabang terbuka atau tanaman merambat di tempat terbuka.. Sarang berbentuk cawan terjalin pada cabang menggarpu. Telur berwarna keputih-putihan berbintik coklat, jumlah 2-3 butir. Berbiak bulan Januari-Agustus.

Makanan utamanya adalah Burung serangga seperti semut, lebah, belalang, jangkrik, kumbang dll. Memiliki habitat di hutan terbuka, tepi hutan, perbukitan, gunung, tersebar pada ketinggian 600-2.500 m dpl.

Secara menyeluruh,burung jenis ini dapat dijumpai di negara-negara di wilayah Asia seperti Afganishtan, Cina, Asia tenggara, Palawan, Sunda Besar. Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara. Di jawa sendiri dapat dijumpai di daerah Gedongsongo, Ambarawa: hutan pinus, hutan sekunder. Medini, Limbangan, Kendal: hutan primer.(udip.ac.id)

Suara burung ini juga bagus,sama seperti suara burung dari jenis srigunting lainnya. Silahkan bagi yang membutuhkan file mp3 suara burung srigunting kelabu dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner