-->

Suara Burung Decu timor

Burung Decu Timor  atau dalam bahasa Inggrisnya disebut White-bellied bush chat (Saxicola gutturalis) adalah spesies burung dari keluarga Muscicapidae. Jika kita perhatikan warna bulu burung Decu Timor ini hampir sama dengan tampilan Burung Decu Kelabu,hanya saja pada bagian kepala burung ini tidak memiliki garis warna putih di atas matanya.
Suara burung Decu timor mp3

Burung ini  berukuran 15,5 sampai 17 cm. Bulu tubuh bagian atas burung jantan berwarna hitam dengan bercak-bahu putih, pangkal-ekor dan bagian bawahnya juga putih.

Sedangkan untuk warna bulu tubuh bagian atas burung betina berwarna coklat dengan tunggir yang lebih merah-karat, alis keputih-putihan, dan bagian bawahnya putih-bungalan.

Burung ini mudah dijumpai terutama di hutan monsun, dan juga pada pertumbuhan sekunder sampai ketinggian 1200 m. Decu Timor hanya diketahui hidup di Timor, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya seperti Roti dan Semau.Hanya ada dua subspesies atau ras decu timor, yaitu:
  • gutturalis (Vieillot, 1818): Timor, dan mungkin juga di Pulau Roti.
  • luctuosus (Bonaparte, 1850): P. Semau, ujung barat-daya Timor. Ciri: warna putih pada ekor burung jantan lebih sedikit daripada pada ras S.g.gutturalis.
Suara kicaunya bisa kalian dengarkan dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner