-->

Suara Burung Regent Whistler

Burung regent whistler (Pachycephala schlegelii) adalah spesies burung pengicau dari keluarfa Pachycephalidae. Burung ini dapat di jumpai di Indonesia bagian timur,yaitu papua dan juga banyak terdapat di Papua Nugini. Terdapat 3 subspesies yang tersebar dengan ciri-ciri tergantung dari wilayah habitat aslinya.

Jika diambil dari nama belakangnya 'whistler' ini merupakan sejenis burung kancilan. Di blog ini sudah kami publikasikan audio burung kancilan yang lain seperti Kancilan fiji,kancilan bakau,kancilan emas dan Samyong. Silahkan bisa dicari di blog ini.Burung ini memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 15–16·5 dengan diselimuti warna bulu yang sangat cantik.

Suara burung regent whistler
Bagian sayap dan punggungnya berwarna hijau kekuningan,ujung sayap dan ekornya hitam semu hijau. Kepala hitam,tenggorokan putih,leher hitam membentuk pola setengah lingkaran yang kemudian diteruskan dengan warna kuning cerah dibagian bawah tubuhnya dan terdapat warna orange/kemerahan. Terdapat warna kuning menggaris diatas bahu atau leher atas dan berparuh hitam.

Burung jantan dan betinanya sangat mudah dikenali karena memiliki warna bulu berbeda. Untuk burung betina identik dengan warna kuning kehijauan di bagian tubuh atasnya. Bagian bawah berwarna kuning cerah semu hijau,bagian atas kepalanya berwarna abu-abu dan bagian tenggorokan berwarna putih yang bercampur dengan warna kelabu. Tersebar di kawasan pegunungan dan hutan-hutan dengan ketinggian sekitar 1300–3650 mdpl.

Suara burung ini juga kurang lebih memiliki lagu yang sama dengan burung kancilan lainnya. Yaitu keras dan tajam,istilah dalam bahasa jawanya disebut 'semelit' atau 'cemengkling' yang cukup memekakkan telinga jika berada di dekatnya. Silahkan dengarkan 6 koleksi suara burung regent whistler dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner