-->

Burung Trucukan Suaranya Keren Juga

Burung trucukan atau trocok yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan yellow-vented bulbul (Pycnonotus goiavier) ini adalah spesies dari keluarga cucak-cucakan (bulbul) yang dalam klasifikasi ilmiahnya disebut Pycnonotidae. Dalam bahasa melayu disebut dengan nama Merbah Kapur atau Merbah Cerukcuk yang merujuk pada suara khasnya burung ini yang terdengar seperti kata "cuk cerucuk cuk cuk". 
Download suara burung trucukan

Burung trucukan masih berkerabat dekat dengan burung kutilang. Harganya jika kita beli dipasar juga cukup murah. Di tempat saya Magelang banyak dijumpai dipasar burung dalam jumlah yang banyak atau ombyokan. Harga per ekornya untuk burung bakalan berkisar antara 30-50 ribuan saja.

Jika kita pandai memilih bakalan burung trocokan,kita akan mendapatkan burung yang bagus suaranya. Suara burung trocokan bukan sekedar suara panggilan khasnya saja,jika dirawat dengan baik dan benar,ternyata burung ini juga mampu bersuara ngropel seperti cucak rawa. Selain itu,burung trocokan juga dikenal dengan gaya khasnya dalam berkicau sambil membuka sayapnya,hal seperti ini biasa dikenal dengan "nggaruda".

Dulu saya tidak suka dengan burung ini karena tampilannya yang sangat sederhana. Tapi sekarang saya pelihara satu ekor setelah beberapa kali melihat dan mendengarkan suara kicaunya dirumah teman saya. Awalnya saya masih belum tertarik,tapi lama kelamaan saya jadi naksir dengan burung ini. Karena teman saya punya 3 ekor,jadi saya beli satu.

Dari ketiga ekor tersebut ada satu yang tidak ia jual,itu dikarenakan sudah bersuara bagus dan bisa dibilang gacor. Berikut ini video burung trucukan yang baru 2 hari saya boyong kerumah,silahkan lihat suara ropelannya dibawah ini.

Mohon maaf untuk tipe suara yang lain beserta aksi buka sayapnya saya potong. Biar seperti cucak rawa maksudnya hhh.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner