-->

Hwamei,Si Burung Fighter Bersuara Dahsyat

Burung hwamei atau di Indonesia sering disebut wambi karena pengucapannya yang lebih mudah dibanding hwa mei. Dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai Chinese hwamei ataupun melodious laughingthrush (Garrulax canorus). Ada 2 jenis burung hwamei,yaitu Chinese hwamei dan Taiwan hwamei. Keduanya memiliki kemampuan berkicau yang sangat bagus dan keras layaknya jenis burung dari anggota Garrulax pada umumnya.

Perbedaan antara chinese hwamei dengan taiwan hwamei sangat jelas,yaitu dapat dilihat dari warna bulunya. Burung chinese hwamei atau hwamei yang sudah ada di Indonesia sejak beberapa tahun lalu ini berwarna coklat kemerahan,sedangkan taiwan hwamei berwarna coklat kelabu. Selebihnya tentang burung hwamei taiwan bisa kalian baca dan dengarkan audionya di Burung Hwamei Taiwan.

Hwamei,si burung fighter bersuara dahsyat
Saya pribadi sangat mengidamkan burung kicau yang satu ini,saking ngidamnya sudah 3 kali saya bahas tentang burung ini. Tapi sampai sekarang belum mendapatkan yang cocok,kadang ketika sedang ada budget dan cari sana-sini gak dapat,giliran sedang gak ada budget,ada orang yang menawarkan. Harga burung ini sekarang memang sudah mulai melambung lagi setelah bertahun-tahun menghilang dari peradaban kicau mania di Indonesia.

Saat ini sudah mulai banyak lagi yang menggandrungi burung ini,ada yang sekedar bernostalgia,ada yang untuk diternak dan ada juga yang hanya ingin sekedar menikmati suara kicaunya. Burung hwamei terbagi menjadi 2 sub spesies,yaitu G. c. canorus yang ada di berbagai kawasan di Asia Tenggara, dan G. c. owstoni yang hanya berada di pulau Hainan di China.

Burung hwamei yang ada di Indonesia dulunya di datangkan langsung dari China,tapi sekarang ada yang di import dari Vietnam. Burung ini terkenal sangat fighter,ketika mendengar suara burung sejenis,maka burung ini akan langsung membalas suara kicaunya. Berkicau kadang tidak kenal waktu,pagi,siang bahkan tengah malam pun kalau memang punya mood untuk bersuara pasti akan koar-koar cukup lantang.

Mantap sekali memang suara kicaunya,tidak rugi memelihara burung yang satu ini. Silahkan dengarkan audio mp3 yang sudah saya kumpulkan dari hasil konversi di youtube dengan kualitas terbaik dibawah
Di Indonesia saat ini sudah mulai banyak yang menangkarkan burung ini dan sudah ada beberapa penangkar yang sudah sukses. Bagi pecinta burung hwamei,silahkan masuk ke grup yang ada di facebook namanya Hwamei Mania Indonesia (HMI) untuk sharing maupun jual-beli burung hwamei se Indonesia.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner