-->

Suara Burung Srigunting Lengkap

Burung Srigunting adalah sebutan burung ini di Indonesia. Nama srigunting sendiri diambil dari bentuk ekornya yang terbentuk seperti sebuah gunting atau huruf V terbalik. Sedangkan dalam bahasa Internasionalnya disebut Drongo. Sebutan drongo itu sendiri merupakan sebutan bagi orang Australia terhadap nama burung ini yaitu Drongo yang artinya "Dungu" atau idiot. Penyebutan itu  diambil dari sifatnya yang seakan lucu dan bodoh namun bikin geli ketika membodohi lawannya yang dicuri makanannya oleh burung ini.
mp3 Suara burung srigunting lengkap

Cara yang digunakan untuk mengakali burung lain yang sedang membawa makanan adalah dengan menakut-nakutinya . Caranya menggunakan suara yang mirip burung predator seperti burung elang, maka burung yang membawa makanan tadi akan menjatuhkan makanannya dan lari terbirit-birit menyelamatkan diri, padahal ketika makanannya dijatuhkan, yang ada makanan itu akan diambil lalu dilahap oleh burung srigunting ini. Memang sangat cerdik dengan memanfaatkan kemampuannya dalam menirukan suara burung lain.

Burung srigunting pada umumnya berwarna hitam namun indah dipandang. Burung ini juga merupakan burung yang sangat pemberani. Meskipun berukuran kecil, tapi tidak takut jika ada burung predator yang lebih besar seperti Elang dan alap-alap. Anda bisa lihat jika di daerah anda masih ada spesies burung srigunting. Perhatikan ketika si burung tengah berada di sebuah pohon besar bersama dengan burung lain. Perhatikan juga ketika ada burung alap-alap atau burung predator lain.

Ketika banyak burung bermain di satu pohon atau satu kawasan kecil, dan disitu ada burung alap-alap maupun elang yang mengintai salah satu burung untuk dimakan,selagi ada burung srigunting pasti si burung predator ini tidak berani memasuki wilayah tersebut. Anda  bisa menyaksikan sendiri,meskipun burung ini nakal,suka mengakali makanan burung lain, tapi burung srigunting juga menjadi satpam bagi burung kecil yang lain.

Di Indonesia ada sekitar 12 Macam Burung Srigunting yang dapat dijumpai berdasarkan wilayah persebarannya. Berikut ini daftar nama burung srigunting yang ada di Indonesia.
  • Srigunting hitam - Black Drongo (Dicrurus macrocercus) 
  • Srigunting keladi - Bronzed Drongo (Dicrurus aeneus) 
  • Srigunting kerdil - Pygmy Drongo (Chaetorhynchus papuensis) 
  • Srigunting kelabu - Ashy Drongo (Dicrurus leucophaeus) 
  • Srigunting sulawesi - Sulawesi Drongo ( Dicrurus montanus ) 
  • Srigunting lencana - Spangled Drongo (Dicrurus bracteatus)
  • Srigunting batu - Greater Racquet-tailed Drongo ( Dicrurus paradiseus ) 
  • Srigunting bukit - Lesser Racquet-tailed Drongo (Dicrurus remifer) 
  • Srigunting sumatera - Sumatran Drongo (Dicrurus sumatranus) 
  • Srigunting wallacea - Wallacean Drongo (Dicrurus densus) 
  • Srigunting jambul - rambut - Hair-crested Drongo (Dicrurus hottentottus) 
  • Srigunting gagak - Crow- billed Drongo (Dicrurus annectans)
Beikut ini daftar mp3 suara burung srigunting yang sudah kami upload di blog ini,silahkan dipilih mana yang kalian cari:
Srigunting Hitam
Download Mp3

Srigunting Keladi
Download Mp3

Srigunting Krantil/srigunting batu
Download Mp3

Srigunting Bukit
Download Mp3

Srigunting Kelabu
Download Mp3

Srigunting Kerdil
Download Mp3

Srigunting Jambul Rambut
Download Mp3

Srigunting Sulawesi
Download Mp3

Srigunting Wallacea
Download Mp3

Untuk jenis burung srigunting yang lainnya bisa kalian cari di blog ini,sekian semoga bermanfaat dan salam kicau mania
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner