-->

Jenis-Jenis Burung Ciblek

Mengulas beberapa jenis ciblek.Berikut adalah 3 jenis burung ciblek yang pernah ada di kampung saya,namun karena banyaknya perburuan liar,sekarang hanya tinggal satu jenis dan itu pun sudah sangat jarang ditemui.

1-Ciblek Semi/Cisem

burung ciblek
Burung ciblek semi atau kalau di desa saya biasa disebut ciblek tegal.Burung ini sudah musnah,tidak lagi saya dengar kicau nya di sawah.Padahal dulu disetiap jarak kurang lebih 50 meter itu pasti ada sepasang-sepasang dengan wilayahnya sendiri.Ciri-cirinya di bagian dada ada warna semu kuning dengan warna bulu coklat cream.Biasa di jumpai di area perkebunan dan lereng-lereng.
DOWNLOAD

2-Ciblek Pari/ciblek alang-alang

ciblek
Burung ciblek pari atau juga di sebut ciblek sawah kalau di daerah saya.Karena hidup dan berkembang biak di area persawahan dan juga suka bermain di tanaman padi dan juga alang-alang.Konon katanya ciblek pari ini hanya ada di pulau jawa,mempunyai suara yang khas "kling kling kling".Mempunyai bulu berwarna coklat dan ada garis di sekitar matanya.
DOWNLOAD

3-Ciblek Gunung/Cigun

download suara ciblek
Burung ciblek gunung,burung ini memang tidak ada di daerah saya.Tapi jika kita pergi ke candi borobudur,sesekali pasti ada suara burung ini dengan suara yang cepat atau biasa disebut "ngebrem".Ciri-cirinya burung terlihat paling sangar dengan garis-garis dikepalanya dan mempunyai warna coklat yang paling tajam di antara ciblek semi dan ciblek pari.
DOWNLOAD

Burung jenis ciblek ini memang burung yang mudah ditangkap.Maklum saja jika populasi di alam liar cepat punah.Burung ini sangat konsisten menjaga wilayahnya,jadi jika ada burung ciblek lain memasuki wilayahnya maka akan diusir.Hal ini dimanfaatkan oleh pemburu dengan membawakan burung sebagai pancingan.Ketika burung yang dibawa bunyi,maka secara otomatis burung ciblek yang ada disana akan merasa terganggu dan mendekati untuk mengusirnya.
  Namun yang terjadi malah sang burung terkena entah itu jerat atau menggunakan getah pohon atau pelekat lainnya.Ada juga cara yang lain yaitu dengan menangkapnya di malam hari atau biasa disebut "ngobor".Burung jenis ciblek ini biasa hanya tidur di pohon-pohon yang pendek seperti pohon ketela.

Saya tahu karena saya dulu juga pernah melakukan hal itu,sewaktu masih kecil dan jumlah burung ciblek masih banyak dan tidak dijual melainkan untuk dipelihara.Tapi sekarang saya sudah tidak mau lagi melakukan hal itu lagi.Sekarang saya lebih suka memelihara burung hasil bredding atau juga burung import.Walaupun harganya lebih mahal,tapi kita puas dengan burung peliharaan yang kita miliki.

Ada puluhan jenis burung ciblek di dunia dan sebagian besar adalah berada di Asia,akan saya ulas dikemudian har,salam kicau mania
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner